jurnal-investasi
header-add

Opini

Umkmku

Infoin

Mengenal Sosok

Inve-story

Unggulan

Hot News

Transformasi GPP Menjadi MPP: Wujudkan Birokrasi Pelayanan Publik Kabupaten Tangerang yang Lebih Efektif

Redaksi - Jurnal-Invetasi


Jun 23 2024

Tangerang – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bersama Bupati Kabupaten Tangerang telah meresmikan Gerai Pelayanan Publik (GPP) di Mall Ciputra Kabupaten Tangerang pada Rabu, (30/08/2023) lalu.

Dalam peresmiannya tersebut turut hadir Kepala Dinas DPMPTSP, Soma Atmaja bersama Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang secara langsung membuka dan meresmikan Gerai tersebut.

Zaki Iskandar dalam sambutannya menyampaikan harapan dengan adanya pengembangan inovasi ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, sehingga masyarakat tidak akan kerepotan lagi dalam mengurus beberapa administrasi dengan mendatangi beberapa gedung instansi dan sebagainya.

Hal yang sama juga diungkapkan kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja. Ia menyebutkan bahwa Gerai Pelayanan Publik ini menyediakan berbagai pelayanan administratif untuk masyarakat seperti  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL), BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), Badan Pertahanan Nasional (BPN), Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Harapanya inovasi yang kita kembangkan dapat menjadi model yang bisa kita terapkan dan replikasi pada beberapa pusat perbelanjaan yang berada di wilayah selatan maupun utara Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Soma Atmaja bersama Bupati Tangerang dan jajarannya juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja sama (PKS) dengan Badan Pertahanan Nasional (BPN) dalam acara yang diadakan di Mall Ciputra Kabupaten Tangerang ini.

Turut hadir juga Manager Direktur Ciputra Grup, Budiarsa. Ia mengatakan bahwa melalui kerja sama ini, Mall Ciputra Kabupaten Tangerang berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Gerakan ini juga merupakan bentuk nyata dalam mendukung visi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang baik, efisien dan terintegrasi.

“Kami Ciputra Grup selalu berpegang teguh kepada prinsip bahwa pembangunan bukan hanya tentang membangun struktur fisik tetapi membangun kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat. Kami percaya bahwa pelayanan publik yang baik akan memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah dan kualitas hidup masyarakat,” Ucap Budiarsa.

Seiring berjalannya waktu Gerai Pelayanan Publik atau GPP kini bertransformasi menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan beberapa jenis pelayanan tambahan seperti dari Kementerian Agama. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala  Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal DPMPTSP, Mudji Widodo.

"GPP ini sekarang berubah menjadi Mall Pelayanan Publik berdasarkan hasil dari penilaian yang dilakukan oleh MENPAN-RB pada tanggal 21 November lalu di Mall Ciputra," ujarnya.

Harapan ke depannya semoga bisa menjadi salah satu kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan pihak Ciputra terkait adanya perubahan dari Gerai Pelayanan Publik (GPP) menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP). Karena bukan hanya nama tetapi juga pelayanannya yang lebih lengkap sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus kepentingan administrasi.[]

Tags:

#DPMPTSP #MPP #GPP #kabupaten tangerang #soma atmaja

Komentar :

    Belum ada komentar.

Berikan Komentar