jurnal-investasi
header-add

Opini

Umkmku

Infoin

Mengenal Sosok

Inve-story

Unggulan

Hot News

Menyatukan Mimpi-Mimpi: KMTS Menginspirasi Generasi Muda di Banten untuk Membangun Nasionalisme dan Cita-cita Tinggi

Hitmartua Simanjunta - Jurnal-Invetasi


Sep 20 2024

Tangerang Selatan - Pengabdian masyarakat adalah salah satu bentuk kontribusi nyata dari berbagai kalangan untuk memajukan bangsa dan negara. Dalam berbagai inisiatifnya, pengabdian masyarakat seringkali mewujudkan semangat nasionalisme dan cita-cita tinggi untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat Indonesia, hal ini juga yang menginisiasikan Kejar Mimpi Tangsel (KMTS) mengabdi mengambil materi Nasionalisme dan Rumah Mimpi dalam sesi pengajaran pada Pilar Pendidikan di SDN Gunung Anten 1, Lebak, Banten yang dilaksanakan pada 26 Juli 2023.

Pengabdian masyarakat KMTS bertujuan kontribusi positif bagi kemajuan masyarakat Indonesia, terutama mendidik dan menginspirasi generasi muda dengan fokus pada nasionalisme. Sesi pengajaran tentang Nasionalisme di SDN Gunung Anten 1 mengajak siswa memahami arti cinta tanah air, kenal pahlawan, dan menumbukan karakter anak bangsa yang baik. Melalui pendekatan interaktif yang inspiratif, siswa menunjukkan antusiasme dan membuktikan efektivitas edukatif pentingnya cinta tanah air dan cita-cita tinggi.

Selain itu, siswa-siswa juga merespons dengan positif mengenai sesi "Rumah Mimpi." Banyak dari mereka memiliki mimpi dan cita-cita yang bervariasi, seperti menjadi dokter, guru, polisi, ustad, masinis dan masih banyak lagi. Pengenalan konsep ini membantu meyakinkan mereka bahwa tak ada batasan bagi impian mereka, dan dengan kerja keras serta tekad yang kuat, segala mimpi dapat diraih.

“Senang kakaknya ngejelasin tentang cita-cita bikin semangat belajar,” ujar Abyan salah satu kelas 4 SD 

Kegiatan pengajaran yang diselenggarakan oleh KMTS ini juga memberikan dampak positif yang lebih luas di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Wali murid mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh KMTS dalam memberikan pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai sosial, seperti nasionalisme dan cita-cita. 

"Saya senang dengan materi yang diberikan oleh kakak-kakak KMTS dan berharap bisa membantu anak saya dalam mencapai mimpinya," tutup Bu Euis, selaku wali murid kelas 2 SD.

Tags:

#genrasi muda #Kejar mimpi #lebak #banten

Komentar :

    Belum ada komentar.

Berikan Komentar