jurnal-investasi
header-add

Opini

Umkmku

Infoin

Mengenal Sosok

Inve-story

Unggulan

Hot News

Menang Duta Koperasi 2023, Panji Fathurrahman Siap Ajak Pemuda Berperan Majukan Koperasi dan UMKM

Redaksi - Jurnal-Invetasi


Sep 19 2024

Tangerang - Ajang pemilihan duta koperasi 2023 Kabupaten Tangerang sudah selesai diselenggarakan bersamaan dengan acara puncak Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang ke 76 pada 9 September 2023. 

Pucak acara Harkopnas ditutup langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, Nurul Hayati. Acara ini sekaligus menjadi malam grand final pemilihan Duta Koperasi tahun 2023. 

Panji Fathurrahman, seorang pelajar dari MAN 3 Tangerang terpilih menjadi pemenang dalam kompetisi ini. 

Sebagai duta terpilih, Panji membawa beberapa program kerja yang bertujuan untuk mengenalkan koperasi kepada generasi muda. 

Dalam wawancara khususnya, Panji mengaku sangat antusias mendapat amanah baru sebagai Duta Koperasi. 

"Yang pastinya saya senang sekali karena mendapat kepercayaan untuk menjadi duta koperasi Kabupaten Tangerang tahun 2023. Ini menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi saya," ujar Panji.

Panji juga menjabarkan bahwa dalam masa kepengurusannya ia akan banyak melibatkan anak-anak muda sehingga bisa lebih peduli terhadap koperasi dan UMKM. 

Rencananya, Panji bersama dengan teman-temannya akan memfokuskan diri dalam hal sosialisasi, baik secara daring maupun luring untuk mengenalkan koperasi kepada masyarakat luas. 

"Saya ingin menggencarkan yang namanya sosialisasi. Entah itu online maupun offline, kita mau membuat stigma masyarakat yang tadinya tidak terlalu mengenal koperasi itu menjadi kenal, jadi tau akan pentingnya koperasi bagi perekonomian masyarakat," paparnya. 

Program yang nantinya akan banyak melibatkan anak muda ini juga menjadi komitmen Panji dalam mewujudkan bonus demografi yang lebih berkualitas lagi.

"Karena seperti yang kita tahu Indonesia ini sedang dilanda bonus demografi. 2045 tuh bonus demografi Indonesia tuh akan mencapai puncaknya," Jawab Panji.

Tekadnya dalam melibatkan anak muda untuk menjadikan koperasi dan UMKM lebih maju lagi diharapkan bisa menjadi solusi dan bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk merubah mindset mereka lebih berkoperasi lagi.  

Panji berharap, anggota koperasi dan UMKM akan lebih inovatif lagi dalam menjalankan tugas serta kegiatannya. Ia menilai, masyarakat saat ini lebih menyukai hal-hal yang menarik dan unik agar tertarik pada apa yang dijual dan pasarkan.

"Kita ini butuh yang namanya suatu keunikan supaya orang-orang tertarik pada apa yang kita lakukan, apa yang kita jual, dan apa yang kita pasarkan. Oleh karena itu kita harus selalu inovatif, kita harus selalu kreatif, dan berani berpikir berbeda dari orang lain," pungkasnya.

Adapun beberapa program kerja yang dibawakan oleh panji di antaranya:

Kampanye Edukasi: Panji berencana melakukan kampanye edukasi di sekolah dan universitas untuk memperkenalkan konsep koperasi kepada generasi muda. Ia yakin dengan mengedukasi generasi muda, mereka akan mampu memahami pentingnya koperasi dalam membangun perekonomian yang kuat dan berkelanjutan.

Pelatihan Kewirausahaan: Panji akan menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan bagi generasi muda yang berminat memulai usaha sendiri. Ia akan memberikan panduan tentang cara memulai koperasi dan cara mengelolanya secara efektif.

Jejaring Koperasi: Panji akan membuat jaringan koperasi di Kabupaten Tangerang untuk memajukan kerjasama dan kolaborasi antar koperasi. Ia percaya bahwa dengan bekerja sama, koperasi dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian lokal.

Dalam kesempatannnya Panji juga berharap program-programnya ini dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih berkontribusi lagi dalam pengembangan koperasi. Penutupan Harkopnas ke 76 Kabupaten Tangerang telah digelar secara meriah di Gedung Serba Guna Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang. []

Tags:

#Duta Koperasi kabupaten Tangerang #koperasi #umkm

Komentar :

    Belum ada komentar.

Berikan Komentar