jurnal-investasi
header-add

Opini

Umkmku

Infoin

Mengenal Sosok

Inve-story

Unggulan

Hot News

Aksos HMP UGM Realisasikan Program “Unggah-Ungguh Basa Jawa” di era Globalisasi

Ayu Maun Nadhifah - Jurnal-Invetasi


Sep 17 2024

Aksi Sosial Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (Aksos HMP UGM) terus menunjukkan aksi nyata dalam mempersiapkan generasi muda yang beretika dan berbudi luhur melalui berbagai program inisiatif proaktif. Salah satunya melalui program kelas Public Speaking dan Tata Krama bertajuk Unggah-Ungguh Basa Jawa. Program ini dilaksanakan oleh Divisi Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kertirejo Sleman, Yogyakarta Sabtu (20/6/2024). Mengangkat tema “Aweh Sesorah Lumantar Dongeng”, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlanjutan melestarikan Bahasa Jawa sebagai tradisi dan kebudayaan di Indonesia, mendorong generasi muda untuk memberikan dampak yang lebih besar dalam hal etika kepada masyarakat sekitar melalui edukasi Tata Krama, serta membangun rasa empati dan kepedulian pada anak-anak dalam berkehidupan. 

 

Ketua Acara Desy Hikmatul Siami mengatakan bahwa program Unggah-Ungguh Basa Jawa sejalan dengan upaya Divisi Pendidikan Aksos HMP UGM dalam mendukung pembentukan karakter generasi muda sedini mungkin untuk mengimplementasikan nilai-nilai sopan-santun dan budi luhur ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai pribadi yang bermartabat tinggi. “Program ini juga sejalan dengan komitmen Aksos HMP UGM dalam pengimplementasian education, social, and ethic serta Sustainable Character Development Goals (SCDGs), yaitu pendidikan berkualitas untuk mewujudkan generasi emas” jelasnya.

 

Kegiatan Kelas Public Speaking Unggah-Ungguh Basa Jawa “Aweh Sesorah Lumantar Dongeng” dimulai pada pukul 08.00 WIB, dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC), kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Aksos dan Ketua HMP. Setelah sambutan kemudian dilanjutkan dengan acara inti, yaitu pemaparan materi oleh Nanang Syaifudin, S.Hum dan nonton film bersama. Sesi selanjutnya merupakan kuis, pembagian doorprize dan penutup. Kegiatan berlangsung dengan baik sesuai rundown kegiatan yang sudah ditetapkan oleh panitia. Kegiatan ini diikuti oleh peserta, yaitu anak kelas 4,5 dan 6 SDN Kertirejo secara antusias dari mulainya kegiatan hingga kegiatan berakhir. Adapun Narasumber didatangkan langsung dari Mahasiswa Magister Linguistik UGM 2023 yang memiliki kapabilitas dalam bidangnya.

Tags:

#HMp ugm

Komentar :

    Belum ada komentar.

Berikan Komentar